Cilok dan Cimol, Makanan Khas Bandung dari Aci

cilok-khas-BandungCilok dan Cimol merupakan makanan khas Bandung yang terbuat dari Aci atau tepung kanji dengan perbedaan cara memasak dan cara menikmati.Makanan khas Bandung ada banyak sekali macamnya. Yang paling terkenal selain peuyeum dan tempe atau makanan khas sunda, maka ada yang disebut cilok alias aci di colok. Dinamakan demikian karena bahan pembuatan makanan cilok adalah aci atau tepung kanji yang dicampurkan dengan bahan bahan yang lain lalu dibentuk bulat bulat kecil dan dikukus. Setelah itu untuk dimakan perlu ditusuk terlebih dahulu menggunakan bambu yang sudah diruncingkan atau dicolok. Maka dari itu disebut aci di colok alias cilok.

Makanan Khas Bandung Paling Tersohor

Makanan khas Bandung didominasi dengan makanan makanan ringan yang enak dan lezat. Rasanya unik unik dengan nama yang tidak kalah unik. Selain cilok atau aci dicolok, makanan berbahan tepung kanji atau aci lainnya yaitu cimol. Cimol memiliki bentuk yang sama seperti cilok yaitu bulat kecil kecil dan berwarna putih kusam atau terkandung bahan terigu yang digunakan. Jika cilok diolah menggunakan bahan bahan tertentu lalu dikukus dan dicolok, maka cimol merupakan makanan yang dibuat dari aci yang dibulat bulat lalu digoreng dan dicampur dengan saus.

Saus yang biasa digunakan untuk menikmati cimol adalah saus kering berupa bubuk asin dan pedas yang akan memberikan sensasi enak. Ada juga yang menggunakan bumbu kacang atau saus sambal yang tidak kalah enak. Seperti cilok, cimol pun ditusuk tetapi rasanya tidak kenyal kenyal basah melainkan kenyal kenyal kriuk apalagi jika dinikmati ketika cimol baru saja diangkat dari penggorengan. Rasanya kriuk bercampur panas dan kenyal. Jika dicolek dengan sambal maka akan lebih enak dan terasa sensasi nikmatnya.

Menjadi makanan khas Bandung, cilok dan cimol kini hadir dalam kemasan frozen atau beku yang bisa dibeli dan dibawa pulang sebagai oleh oleh. Sambalnya pun kini dikemas sedemikian rupa yang bisa bertahan lebih lama dan tinggal dicampur dengan air hangat saja ketika akan dinikmati bersama dengan cilok yang baru dikukus atau bersama dengan cimol yang baru saja digoreng. Baik cilok maupun cimol keduanya merupakan makanan ringan yang rasanya membuat ketagihan karena enak.

2 thoughts on “Cilok dan Cimol, Makanan Khas Bandung dari Aci”

  1. lokasi tepatnya dimana ya??? please …. sayah penyuka cilok ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *